picture picture picture
Kamis, 18 Maret 2010 Posted in: , 1 Respond

Portforward - Atur Sendiri Port Komputer Anda




Banyak yang bertanya ke saya bagaimana caranya nge remote komputer dengan radmin melalui internet. Nah yang dibahas disini mengatur tentang sisi client nya saja. Karena sisi viewer hanya membutuhkan informasi berupa IP / Host Name dan Port nya saja. Saya anjurkan Anda coba mengunjungi Portforward.com terlebih dahulu karena itu akan menjadi acuan kita saat ini.

Portforward.com merupakan situs yang memberikan informasi tentang mensetting port pada router Anda. Jika client connect langsung misal lewat modem 3G itu bisa langsung melakukan koneksi asalkan kita tahu IP nya berapa. Ingat bukan IP local tapi IP External nya. Untuk mengecek IP External, Anda bisa melihat langsung di situs portforward.com nanti akan tampil seperti ini


Sengaja saya buramkan karena nanti IP saya bisa ketauan.
Nah untuk mengetahui tipe router kita tanpa harus melihat secara fisik coba anda buka dos / command prompt lalu ketikkan ipconfig seperti ini




Jika lihat dari gambar di atas, maka IP local saya 192.168.1.4 dan default gateway (Router ADSL / Modem) 192.168.1.1 nah jika sudah tau IP nya coba ketikkan pada adress bar bisa pada firefox atau windows explorer 192.168.1.1 lalu akan tampil seperti ini



Biasanya secara default Username nya Admin / Administrator dan Password Admin atau Administrator atau Blank (Kosong) Setelah itu OK lalu tampil seperti ini



OK Sekarang kita sudah tau tipenya yakni D-Link DSL-2540T nah kalo sudah coba cari tipe itu di list nya port forward.com dan kebetulan router saya sudah ada



Setelah di klik nanti akan tampil iklan tapi di skip aja liat ada tulisan di sebelah kanan atas seperti ini



beragam aplikasi yang akan diatur configurasi port nya, saya mencoba mencari radmin dan Alhamdulillah ada



Setelah di klik nanti ada step-step yang sudah di jelaskan, namun saya mencoba di ringkas saja

Jadi menurut panduan saya harus masuk ke Tab Advanced > Virtual Server lalu tampil seperti ini



Lalu ganti IP sesuai client yang akan di remote



Berarti saya ganti dengan IP 192.168.1.4 lalu select kategori nya jadi user akan tampil seperti ini



Pilih Add yang ada di bawah akan tampil seperti ini



Sesuaikan dengan port yang ada di radmin server client, kalau saya 7771 isikan persis aturannya dengan yang di atas lalu Apply (Baru yang TCP) lalu lakukan juga seperti ini



Ikuti saja persis yang di atas, nah kalau sudah kembali atau ketik cancel saja nanti akan tampil seperti ini



Setelah itu klik Add > lalu akan jadi seperti ini



Tinggal di Apply lalu reboot router nya. Ingat masing-masing router punya konfigurasi yang berbeda, maka dari itu saya anjurkan untuk melihat portforward.com sebagai acuan Anda. Jadi ketika connect nanti tinggal masukan IP external dan port nya.

Note:

Koneksi lewat "jalur internet" seperti ini SANGAT LAAMAA.. silahkan dicoba sendiri..

-haz-

1 Responses to “Portforward - Atur Sendiri Port Komputer Anda”

  1. Anonim says:

    weh ni die yg kucari...tapi mang lama yah...tq brow...tq