picture picture picture
Kamis, 12 November 2009 Posted in: , 8 Responds

Internet Download Manager - Download Lebih Cepat




Nama : Internet Download Manager
Situs : http://www.internetdownloadmanager.com/

Sering download dari internet? sering mengalami kegagalan ketika mendownload? Kini haz ingin mereview sebuah software untuk download akselerator (pemercepat download). Internet Download Manager atau biasa yang disebut IDM disinyalir sebagai download akseletor yang paling handal yang pernah ada. Untuk lebih maksimal, gunakan firefox untuk browser anda.


How to use?

Pertama Download Software Full Version nya DISINI atau DISINI

download rar passwordnya DISINI atau DISINI

Setelah diinstall dan telah di patch, maka anda sudah siap untuk mendownload. Jika pada saat instalasi anda sedang membuka browser (firefox / IE / etc) maka restart terlebih dahulu browser tersebut dan plugin untuk IDM akan muncul ketika browser di jalankan kembali. Berikut tampilan menu dari IDM.



Sebenarnya, settingan default IDM sudah cukup bagus, namun untuk lebih meningkatkan performanya lagi pilih Download > Option > Connection

Nah disitu pilih jenis koneksinya, kalau saya karena memakai DSL maka saya memilih 256K/Cable/DSL/Other dan pilih Default Max Connection nya menjadi 16.

Berikut screen shoot dari IDM ketika saya mendownload file dari rapidshare (free user)



Perhatikan connection nya hanya 1 (walaupun sudah di set menjadi 16) karena ini free user, nah klo premium user seperti ini



(lagi ada account rapid... hehehe...)
Lihat perbedaannya, pada free user tidak bisa di resume, sedangkan premium user bisa, dan untuk transfer rate nya sih g beda jauh.

Walaupun IDM bisa di resume ketika download terputus di tengah-tengah, tapi tidak berlaku pada semua situs.

Untuk update IDM build yang terbaru, cukup pilih Help > Quick Update
Jika ada update terbaru, maka akan muncul menu berikut



Pilih update now, dan IDM akan mendownload beberapa komponen dan akan terupdate secara langsung. Dan setelah itu jangan lupa lakukan patch lagi agar tidak ada trial version.

Bagaiman jika ingin mendownload sebuah video? Tinggal arahkan kursor ke video, maka akan muncul menu IDM seperti contoh berikut



Lalu IDM akan menganalisa jenis dan kapasitas file video tersebut.
Jika IDM tidak bisa secara otomatis ketika mendownload, maka anda butuh bantuan flash got, yakni salah satu add onn firefox, penjelasan dan instalasi lebih lanjut bisa di lihat DISINI

Nah ketika download dan IDM tidak secara otomatis mendeteksi, maka akan muncul menu flash got seperti ini



Nah setelah itu tinggal pilih IDM lalu OK.
Sampai saat ini saya sendiri belum menemukan kelemahan yang ada, mungkin klo para pembaca ada yang menemukan kendala mohon di share disini.

-haz-

8 Responses to “Internet Download Manager - Download Lebih Cepat”

  1. Anonim says:

    Kok ga bisa saya download full versionnya dari link yang disediakan, yang pertama:bahwa ma server sudah di remove, yang kedua ma Avira yang ku pasang di blok karena mengandung malware. gimana?

  1. haz says:

    maaf barusan link nya sudah di update..
    untuk patch memang avisa suka "teriak-teriak"
    di non aktifin dulu, trus di patch baru di aktifin lagi..
    cmiiw

  1. joko says:

    giman cara supaya transfer ratenya bisa sampai lebih dari 60 kbps, soalnya kecepatan idm saya selalu dibawah 50 kbps, bahkan bisa mencapai 2 kbps ketika saya mendownload lagu....
    tolong solusinya...

  1. haz says:

    sebenarnya IDM hanya mengoptimalkan proses download Anda saja. Misal Anda memakai ISP dengan kecepatan Up To 1 Mbps. Jika dikonversikan menjadi 125 KBps (bedakan bit dengan byte). Coba Anda cek dulu berapa kecepatan dari ISP yang Anda pakai. atau kalau perlu bersihkan atau optimasi saja dengan software-software tuning semacam TuneUp dkk..

    cmiiw

  1. Ruby_diyanx says:

    mohon pertolongannya kaka,wa kan pake fast net neh di kosku dan di share pake router ke 6 laptop punya temenku. Kita smua pada pake IDM,nah yang kau tanyain,pada waktu temen wa download ko transfer rate dia lebih tinggi dari aku,gak terkecuali aku download duluan ato dia download duluan,jadi yg seharusnya dibagi rata neh malah kesedot dia. biasanya kalo aku download sendiri bisa sampai >130Kbps tapi pas pada saat dia download punyaku langsung turun sampe 5 kbps,sedangkan dia mpe >150 Kbps lebih. Mohon bantuannya yah^ ^

  1. haz says:

    kalo mau disama ratakan bandwith nya kenapa tidak pake bandwith manager aja biar adil..? mungkin karena temanmu itu download nya server lokal jadi wajar aja klo kesedot ke dia semua..

    cmiiw

  1. Resha says:

    ada cara yang lain gak buat mempercepat download pakai IDM 6.05?

  1. Resha says:

    ada cara lain gak buat mempercepat download pakai IDM 6.05?