picture picture picture
Selasa, 30 Maret 2010 Posted in: , 3 Responds

Ultra Iso - Bermain dengan File Iso dan Virtual Drive





Pernah dengar file yang namanya iso? dulu saya juga kurang mengerti apa yang dimaksud file tersebut. Bahkan proses burning nya pun berbeda dengan cara yang biasa. Dulu juga saya sampai nyari-nyari software yang tepat untuk melakukan hal ini. Dan jika anda bermain dengan file iso pasti erat kaitannya dengan istilah mount dan virtual drive. Ok pertama saya bahas dulu yang virtual drive. Virtual drive disini yakni software yang mengolah file iso biasanya membuat 1 atau lebih virtual drive. Misal Anda hanya memiliki sebuah DVD ROM, nah dengan virtual drive Anda seolah-olah memiliki lagi 1 atau lebih DVD ROM, namun file yang akan di isi dalam Virtual Drive tersebut harus dalam bentuk iso, nah jika Anda sudah menyiapkan file iso tinggal di masukan ke virtual drive nya (di mount).

Mungkin penjelasan di atas agak sedikit membingungkan , langsung aja kita masuk ke step by step nya aja.

Sebenarnya banyak software yang dapat mengolah file iso seperti daemon, magic iso, dan lain sebagainya. Namun disini saya memakai ultra iso karena ada beberapa kelebihan yang saya dapat di dalamnya.

Nama : Ultra Iso
Site : http://www.ezbsystems.com/ultraiso/
License : Shareware $ 29.95

Ok seperti biasa download aja filenya DISINI

Setelah Instalasi dan gunakan serial number yang ada di dalamnya (jangan sampe ada yang nanya nginstall nya gimana..)
Nah kalau sudah selesai nanti akan terbentuk sebuah virtual drive seperti ini



Perhatikan pada drive F yang menjadi virtual drive yang dibuat Ultra Iso. Ketika saya meng click di Drive tersebut akan tampil seperti ini



Beda dengan Drive E yang kalau saya click tidak ada warning seperti itu. Lalu bagaimana kita memasukkan filenya? Nah biasanya file iso sudah siap karena hasil download-an. Karena saya sudah memiliki file iso yakni Windows Xp Sp3 maka kita mulai memasukkan nya (mount).



Sekarang coba klik kanan pada file iso yang sudah Anda siapkan, lalu akan tampil seperti ini



Ada menu baru yakni Ultra Iso, Anda bisa Mount to Drive F, Burn to Disc, atau mengextract nya. Nah pertama-tama saya kita masukkan dulu ke Drive F jadi kita pilih mount to Drive F. Nantinya Drive F sudah terisi seperti ini



Kalau di click akan terlihat isinya



Dan saya bisa memulai instalasi windows seperti biasa (cuman contoh, tidak dianjurkan instalasi windows dengan virtual drive, mending di burn dulu filenya).
Dan jika ingin mengganti isinya Anda bisa meniban langsung file iso yang baru tanpa merusak file yang sudah berada di virtual drive atau tinggal klik kanan pada virtual drive lalu pilih Ultra Iso > Eject


Setelah mengetahui cara untuk memasukkan filenya ke virtual drive, saya akan mencoba memburn nya ke cd. Pertama yang pasti siapkan dulu cd nya lalu klik kanan pada file iso yang akan di burn, pilih burn to disc lalu akan tampil seperti ini



Pilih kecepatannya berapa lalu burn. Ini proses burn nya



Perlu anda perhatikan, burn iso memang berbeda dengan yang biasa. Anda bisa saja mengextract isinya lalu memburn seperti biasa namun tidak bisa fungsional untuk bootable disk seperti linux live cd (berdasarkan pengalaman.. )

Nah sekarang saya ingin membuat sebuah file iso dari file-file yang saya inginkan. Pertama buka ultra iso lalu akan tampil seperti ini



Cari file yang ingin anda masukkan untuk dijadikan file iso. Sama saja seperti Anda membuat file zip atau rar. Pada contoh saya memasukkan file LDD (Lego Digital Designer). Klik kanan pada file tersebut lalu pilih Add (seperti pada gambar)



Masukkan file lain jika ada yang di masukkan. Setelah itu klik tombol save lalu akan tampil seperti ini



Di save lalu akan tampil proses seperti ini



Setelah itu file iso yang kita buat sudah siap kita pakai



Update
Fungsi seperti ini juga bisa digunakan ketika Anda bermain game yang membutuhkan cd nya ketika bermain. Jika dimainkan terus maka akan cepat memperpendek umur cd nya. Maka dari itu ada baiknya jika dibuat file iso nya dan dimasukkan ke virtual drive (hal ini saya lakukan ketika bermain Need For Speed 2)

Kelemahan yang saya dapat di ultra iso:
Hanya bisa membuat 1 virtual drive, berbeda dengan daemon yang bisa membuat banyak virtual drive.
Untuk fungsi yang lain silahkan bereksplorasi sendiri yah.

-haz-

3 Responses to “Ultra Iso - Bermain dengan File Iso dan Virtual Drive”

  1. fajarleon says:

    cool,keren nich gue nyari2 muter2 gue dapat
    disini makasih ya ini berguna banget buat gue,mampir juga di blog gue
    sini : http://fajarleon.blogspot.com/

  1. akhir.......nyaaaaaa ku bisa juga membuat file iso....makasih kawan...

  1. Kaka says:

    nice info gan... detail sekali... :D

    kapan2 mampir k blog ane gan!!
    http://berbagi-karya.blogspot.com/