picture picture picture
Rabu, 23 Desember 2009 Posted in: , , 0 Responds

Thunder Bird - Manipulate Time Stamping



"Haz, gw mau ngirim tugas lewat email, tapi dah kelewat deadline, kira-kira bisa diakalin g yah?" Itu salah satu pertanyaan yang dulu pernah diajukan teman saya ketika dia mau ngirim tugas kuliahnya lewat email tapi udah kelewat waktunya. Kata saya BISA! Jadi misalkan deadline nya tanggal 20 Desember sedangkan udah ke lewat waktunya, jadi lewat artikel ini saya akan beritahukan biar bisa mengirim misalkan tanggal 19 atau 18 Desember atau sesuka hati anda. Hahaha...

Ada sebuah software dari Microsoft yang biasanya kita install tanpa pernah tahu kegunaannya dan cara pemakaiannya. Yakni Ms. Outlook. Saya sendiri agak malas dengan software ini karena sedikit susah masalah settingan POP dan SMTP nya.

Buat yang tidak tau settingan POP dan SMTP pertama anda lihat di Opsi Mail pada Yahoo! lalu pilih POP dan Penerusan



Lalu nanti akan tampil seperti ini



Tinggal atur aja sesuai dengan kemauan anda.

Untuk settingannya bisa dilihat DISINI
kalau saya settingannya seperti ini



Nah setelah itu kita mulai dengan Mail Client favorit saya ini.

Nama : Mozilla Thunderbird
Site : http://www.mozillamessaging.com/en-US/thunderbird/

Download aja langsung dari situsnya. Nah setelah di install kita disuruh membuat profile untuk mail kita seperti ini



Agak beda yah dengan settingan yang diberikan Yahoo! Tapi kita masuk ke Manual Setup aja lalu ikutin aturannya seperti ini



Nah ini settingan POP nya (settingan surat masuk) klo SMTP nya kayak gini



Nah klo udah di setting nanti tampilannya jadi seperti ini




Lalu pilih Get Mail di kiri atas, pilih account yang tadi udah di buat.

Nanti email yang ada di Yahoo mail kita akan di download secara otomatis dan hasilnya seperti ini



Terlihat saya lagi membuka moderasi komentar pada blog ini (hohoho..) yang saya tidak mengerti adalah tidak semua mail yang masuk. Masalahnya cuman 1, email yang masuk hanya yang di inbox aja, jika anda pernah menerapkan tips saya yang memanage filter di artikel sebelumnya, maka di folder lain tidak masuk ke Thunderbird.

Sebenarnya bukan itu yang saya permasalahkan, jika dilihat dari judul artikel ini. Intinya sih gampang, HANYA MERUBAH WAKTU PADA PC KITA!!! Mungkin anda tidak percaya, tapi mari kita coba.

Hari saya menulis artikel ini : 23 Desember
Hari yang ingin saya kirimkan untuk email tujuan : 20 Desember
Diubah dulu nih waktunya, setelah diubah lalu coba kirim email, bisa juga anda test ke email anda sendiri.

Caranya tinggal klik Write (yang ada di samping Get Mail) lalu akan tampil seperti ini



Setelah itu tinggal klik Send lalu seperti biasa tampil seperti ini



Seperti biasa masukkan passwordnya lalu OK

Nah saya mencoba cek ke email masuk saya ternyata berhasil dan tampilannya seperti ini



Email manipulasi itu secara otomatis menyelip ke tengah-tengah bukan menjadi email baru, dan juga perhatikan tanggalnya yakni tanggal 20 Desember 2009. Ok yang ini berhasil. Tapi kalau orangnya bukan orang awam dia pasti akan mengecek header lengkapnya.

Caranya Klik email yang tadi itu 2x, lalu Pilihan dan pilih Header Lengkap lalu lihat pada gambar ini



Nah terlihat disitu bahwa kita mengirim email ini lewat smtp server nya yahoo dan tertanggal 23 Desember tentunya, hal yang sama juga bisa dilihat pada thunderbird. Kecuali jika anda punya smtp server sendiri.
Nanti akan dibahas lebih lanjut mengenai smtp server karena berhubungan dengan Hack Facebook yang sedang saya garap dengan teman saya (doakan semoga cepat selesai dan kalo perlu commentin nih artikel biar semangat buat artikel yang bagus-bagus) hahaha...

Intinya baru orang awam aja yang bisa "diakalin" tentang manipulasi time stamping ini, saya pun pernah mencobanya untuk mengirim tugas Bahasa Inggris yang agak telat, tapi ternyata tidak ada masalah karena dosennya bukan dosen tentang TI jadi wajar kalau beliau tidak mengetahuinya.

Tunggu artikel selanjutnya. Seperti biasa kritik dan sarannya donk. Sepi banget nih blog g ada yang ngasih koment.. hiks hiks..

-haz-

0 Responses to “Thunder Bird - Manipulate Time Stamping”