picture picture picture
Rabu, 02 Desember 2009 Posted in: , 6 Responds

Express Rip - Bajak CD Lagu kesukaan anda



Baru-baru ini saya sering dapet tugas yang aneh-aneh. Salah satunya gimana caranya copy cd ke komputer, karena yang punya cd g bisa melakukannya. Ketika saya lihat adalah CD dari MLTR (Michale Learn To Rock). Hmmm... penasaran apa yang membuatnya tidak bisa di copy, mungkinkah sudah di proteksi? coba kita lihat isinya



Seperti yang terlihat pada gambar bahwa isi CD terdiri dari 12 file yang berekstensi .cda dengan besar kapasitas 1 KB. Agak sedikit aneh karena tidak ada file musik yang berekstensi 1 KB (sepengetahuan saya) kecuali sudah di macem-macemin.

Ketika saya melakukan copy seperti biasa, dan menjalankannya di Audio Player ternyata memang tidak bisa. Teringat ada software nakal dari hard disk yang bisa melakukan pekerjaan tersebut (red: membajak).

Nama : Express Rip
Situs : http://www.nch.com.au/rip/

Software gratisan ini punya cukup kemampuan untuk membantu pekerjaan saya, untuk download silahkan download di situsnya. Berikut tampilan awal dari Express Rip



Lakukan beberapa setting yakni lokasi CD, Nama Artis atau Album jika anda ingin menambahkan, Track mana saja yang akan di copy (bajak), Folder tujuan, dan format keluaran. Terdiri dari beragam folmat keluaran audio, namun saya memilih .mp3 karena sudah universall dalam pemakaiannya.

Setelah semua setting dilakukan, lalu klik RIP CD maka akan tampil proses seperti pada gambar berikut



Setelah semua proses berhasil dilakukan, lalu lihat hasilnya pada folder yang kita tunjuk sebagai hasil copy.



Lihat semua file sudah berekstensi .mp3 dan sudah bisa dijalankan di komputer tanpa menggunakan CD.

Note: Aktifitas ini dilakukan tergantung pada niatnya, bisa untuk menyelamatkan CD Original nya (Karena jika sering dipakai maka CD itupun sering tergores dan cepat rusak), bisa untuk kepentingan pribadi, ataupun bisnis (pembajakan maksudnya).

Kritik dan sarannya di comment aja di halaman ini.

-haz-

6 Responses to “Express Rip - Bajak CD Lagu kesukaan anda”

  1. hehe
    cuma mo nambahin aja.
    klo cd audio emang kebacanya cuma *.cda, karena dianggap cuma analog audionya, jadi file keseluruhan gak kebaca.
    pake windows media player juga dah bisa buat rip cd, kok.
    sukses ya...

  1. Thanks infonya.. karena saya jarang pake windows media player nanti deh saya masukin review tambahannya.. sekali lagi terima kasih..

    -haz-

  1. joshua says:

    yoi bro, media player mainstream kaya WMP, winamp n jetaudio semua dah bisa rip CD. ini juga hitungannya kalo CD itu g diproteksi macam2 kaya di luar. saya kasi tugas baru aja deh, ngubah file musik DRM jadi mp3 yang bebas pakai hehehe

  1. @Joshua
    Boleh kalau bisa saya kerjakan, bisa anda kasih contoh file drm nya? kalau yang tidak bebas pakai tidak apa yah.. :D

  1. Sitompul_rocks_coy says:

    bro pake windows media player bisa kali...
    tinggal masukin cd orisinalnya..teru ente masuk ke menu riP(samcam ekstrak) udah tgu aja beberapa menit..hasilnya bisa ente liat di my document>>my Music(tergantung settingan ente mau save nya dmana)..N itu legal brooo asal buat kepentingan pribadi..No Piracy

  1. haz says:

    maaf sudah saya bahas kok di sini http://kriptonhaz.blogspot.com/2010/02/tips-rip-cd-dengan-windows-media-player.html dan satu lagi.. walau untuk kepentingan pribadi bukan kah itu piracy juga namanya? hahaha..