picture picture picture
Senin, 30 November 2009 Posted in: , 0 Responds

HijackThis - Analisa Sendiri Komputer Anda



Nama : Hijackthis
Situs : http://free.antivirus.com/hijackthis/

Seringkali ketika banyak teman-teman saya baik di dunia nyata atau dunia maya bertanya, biasanya klo g pake antivirus enakan pake apa? saya jawab, "pake hijackthis..."

Banyak mungkin dari kalian jarang mendengar tentang software ini. Memang ini bukanlah software antivirus yang bisa mendeteksi keberadaan virus secara real time, namun lebih tepatnya saya bilang sebagai penyembuhan daripada pencegahan. Karena tools ini HARUS dioperasikan secara manual dan untuk para user yang setidaknya mengenal komputernya.

Mengapa saya katakan seperti itu? karena jika anda salah memilih akan ada komponen software lain yang tidak bisa bekerja seperti biasanya. Untuk lebih lanjut mari kita bahas software ini terlebih dahulu.

Setelah anda mendownload di situsnya (sengaja tidak memberikan mirror karena ini freeware) maka instalasinya juga tidak akan memakan waktu yang lama.



Inilah tampilan menu utama dari Hijackthis. Terkesan klasik memang, tapi kita buktikan fungsinya.

Do a system scan and save a log file & Do a system scan only yakni menscan atau menganalisa system di komputer anda. Bedanya hanya pada logfile (mencatat hasilnya atau tidak).

Berikut tampilan setelah saya melakukan system scan



Lihat bahwa hijackthis ternyata menganalisa keanehan pada komputer anda. Lihat bagian yang saya sorot itu menandakan adanya aktifitas virus yang menyamar sebagai windows yang berjalan pada system startup. Lalu saya tinggal pilih yang menurut saya aneh maka klik Fix Cheked lalu akan tampil seperti ini



Jika anda yakin tinggal pilih Yes. Itulah fitur utama dari Hijackthis. Beberapa fitur unggulan lainnya akan kita bahas lagi.



Ada banyak sekali Misc Tool yang disediakan. Kita bahas satu-satu.

Open Process Manager = Membuka semacam task manager seperti pada windows

berikut tampilannya



walaupun tampilan memang klasik tapi memberikan info yang cukup detail. Bahkan bisa memberikan info dll yang digunakan oleh process tersebut.

Open Host File Manager = Membuka Host pada system.



Saya kurang tau fungsinya apa, tapi pada beberapa kasus untuk aktifasi produke adobe maka anda diharuskan untuk mengedit file ini.

Delete a file on reboot = menghapus file pada saat reboot
pada beberapa kasus, file tidak bisa dihapus dikarenakan adanya pemakaian yang dilakukan dan tidak bisa di kill process. Maka dari itu fungsin ini akan menghapus file tersebut pada saat reboot.

Delete NT Service = Menghapus service
Jika anda memilih fitur tersebut akan tampil window seperti ini



Perhatikan bahwa ada tulisan Warning yang menjelaskan bahwa service tersebut harus di stop dan di disable. Dan jika sudah di delete tidak bisa di kembalikan lagi.

Open ADS Spy = Menganalisa apakah ada ADS Spyware di komputer

akan tampil seperti ini



Lakukan Scan, jika ada Remove selected.

Open Uninstall Manager = Menguninstall Program seperti pada Windows



Bedanya hanya pada Edit Uninstall Command, jika anda mengerti silahkan digunakan, jika tidak jangan pernah mencoba untuk coba-coba.

Ada pula backup jika anda ingin mengembalikan beberapa komponen yang sudah di seleksi ketika melakukan System Scan.



Tinggal pilih komponennya maka klik Restore.

Sedikit tambahan dari saya, jika anda tidak begitu mengerti kinerja software ini sebaiknya TIDAK UNTUK MELAKUKAN SEMBARANG CHEK. Walaupun tidak membuat komputer anda menjadi crash, tapi akan ada komponen (misalkan service dari antivirus) yang tidak bekerja secara optimal.

Sekian review softwarenya, kalau ada kesempatan hari ini akan review lagi, kalau tidak Insya Allah besok. Seperti biasa kritik dan saran yang membangun silahkan di comment saja di blog ini.

-haz-

0 Responses to “HijackThis - Analisa Sendiri Komputer Anda”