picture picture picture
Kamis, 13 Mei 2010 Posted in: , , , 1 Respond

Torrent - Cara Lain Mencari File Bajakan




Sering saya mendapat pesanan seperti ini, "haz downloadin film yang terbaru donk, kayak Alice In Wonderland yang ada Johny Deep nya yang kerennya kayak kamu itu loh.." (biar di downloadin maksudnya..) dan ketika saya cari-cari filenya dalam bentuk torrent.. Ingat ini bukan Torrent air yang biasa ada di rumah-rumah yah, kalau saya bilang secara gampangnya ini salah satu bentuk koneksi sharing (berbagi file) secara peer to peer dalam artian dia tidak ditaro di server khusus, tergantung banyaknya orang yang sharing juga atau dalam istilah torrent dinamakan seed. Semakin banyak seed nya maka kecepatan pun akan semakin besar. Tergantung juga dari kecepatan koneksi masing-masing komputer yang melakukan sharing.

Artikel ini juga sebenarnya sudah lama di request oleh teman saya Kohan namun baru bisa di realisasikan saat ini.

Ok daripada kebanyakan omong kosongnya, sekarang kita mulai prakteknya.

Karena file torrent tidak bisa di download secara biasa, maka dari itu diperlukan software khusus untuk mendownloadnya. Biasanya saya menggunakan Utorrent atau Ares. Silahkan pilih yang mana yang cocok untuk Anda.

Ok setelah di download software pengolah torrentnya, kita cari dulu file torrent yang akan kita olah. Biasanya saya mencari hal-hal seperti itu (baca:bajakan) ada di thepiratebay.org

Nah inilah tampilan awal dari TPB (biasanya saya menyebutnya begitu)



Ok tampilan yang sama seperti Google sampai ada I'm Feeling Lucky nya juga. Setelah itu tinggal Tekan Pirate Search (atau kalau perlu pake spesifikasi tinggal pilih saja bisa Audio, Video, Application dan lain sebagainya.

Nanti Setelah saya cari-cari (perhatikan dari sisi gambar, kapasitas, dan juga jumlah seed nya) saya menemukan yang ini



Dengan Jumlah Seed sebanyak 42, kapasitas tidak lebih dari 500 MB akhirnya saya coba buka dan tampil seperti ini



Biasanya si tracker (yang memberikan file torrent) memberikan screen shoot, dan untunya ada. Akhirnya saya putuskan untuk mendownload file torrent ini.



Setelah saya download lalu saya buka Utorrent dan Drag and Drop aja (tarik lalu lepaskan di jendela Utorrent) maka akan tampil seperti ini



Pilih File mana saja yang akan di download lalu tekan OK
Dan nantinya akan tampil seperti ini



Terlihat pada gambar ternyata seed nya hanya 11, dengan kecepatan yang berubah-ubah antara 5 - 40 KB/s dan untuk saya lumayan daripada mesti download direct pake IDM makan bandwidth yang bisa bikin runyam hubungan dengan tetangga sebelah mending ini bisa untuk nyambi kerjaan lain

Nah setelah selesai akan terlihat seperti ini



Dia secara otomatis melakukan seeding (karena hargai orang lain juga yang mau download pake torrent..) terlihat juga banyak sekali file yang sudah saya download sebelumnya dengan status seeding.

Jika Anda malas menggunakan Utorrent atau Torrent Client lainnya anda bisa lihat disini

Jadi beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan Torrent adalah:
1. Anda bisa hemat bandwith di jaringan dengan yang lain, namun kebalikannya Anda diminta memiliki kesabaran ekstra tinggi (kesabaran Anda kini bergantung pada jumlah seed yang tersedia)

2. Anda bisa meninggalkan untuk pekerjaan lain, biasanya suatu film yang besar akan di split dan untuk direct download menggunakan IDM atau semacamnya sungguh merepotkan (apalagi kalau sampe berpuluh-puluh part) dan jika menggunakan torrent client ada fasilitas auto shutdown jadi biasanya saya tinggal komputer saya dalam keadaan hidup besoknya file sudah siap (hemat listrik juga)

3. Saya sendiri belum mencoba untuk Torrent client lain, mungkin Anda bisa mereview sendiri atau jika malas silahkan coba dengan apa yang saya rekomendasikan.

Semoga lain kali tidak ada yang nanya lagi ke saya apa itu torrent..

Ok semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca sekalian


-haz-

1 Responses to “Torrent - Cara Lain Mencari File Bajakan”

  1. Kohan126 says:

    mkasih infonya sob.... hehe.. langsung aqu coba