picture picture picture
Senin, 15 Februari 2010 Posted in: , 3 Responds

Angry IP Scanner - Scan IP secara massal dan cepat




Tiap kali saya berada di sebuah koneksi internet pada jaringan LAN, terkadang terbesit di hati ini siapa saja yang konek ke dalam jaringan yang sedang saya gunakan. Karena saya admin di jaringan tersebut maka saya mencoba untuk membuka langsung modem ADSL + Router dan melihat LAN Client yang terhubung.

Namun secara real saya tidak melihat komputer yang saya maksud. Entah mengapa ini terjadi, tapi biasanya saya membutuhkan IP Address komputer yang bersangkutan agar saya bisa mengatur koneksi internet disini (mau di allow atau di block). Karena terkadang banyak user yang suka download pada jam-jam kerja yang sangat padat. Tapi karena saya malas menggunakan network protocol analyzer (nanti aja ngebahas software yang ini) maka saya mencoba menggunakan Angry IP Scanner saja (toh saya sudah tau komputer mana yang melakukan aktivitas merugikan namun saya hanya membutuhkan info mengenai IP nya saja).

Nama : Angry IP Scanner
Situs : http://www.angryip.org

Fungsi dari software ini sudah jelas sekali dari namanya yakni untuk menscan IP dan juga port yang terbuka. Intinya setelah mendapatkan info tentang IP, hostname, dan port yang terbuka, kita dapat menggunakan memasuki celah dari port tersebut tergantung dari port mana yang akan kita masuki. Misal kalau port 21 untuk ftp, atau 80 untuk http. Masalah kelemahan pada port yang digunakan kalian bisa di cari di www.milw0rm.com

How to use?

Pertama download langsung dari situsnya (freeware).



Inilah tampilan awal setelah Anda pertama kali membuka (walau sebelumnya ada tips-tips yang tidak saya baca). Akan menampilan secara default scan IP dari dan ke IP Anda (kalau saya berarti IP nya 192.168.1.9) dan hostname saya (nama komputer) yakni kriptonhaz. Kita bisa mengatur range yang akan di scan, dalam hal ini saya ingin menscan range ip dari 192.168.1.1 sampai 192.168.1.255 (ingat dalam subnet mask yang sama, karena saya mengatur bagian subnet mask secara default).



Lalu klik tombol start. Software ini mulai menscan satu persatu IP yang sudah kita set sebelumnya. Setelah selesai maka muncul seperti ini



Dan mari lihat hasilnya.



Terlihat pada layar ada informasi mengenai IP, Ping, Hostname, dan Port. Tampilan biru pada kolom IP menandakan IP tersebut aktif sedangkan yang berwarna merah tidak aktif. Untuk Ping yakni seberapa bagus koneksi yang dilakukan, semakin rendah nilainya semakin bagus koneksinya. Untuk hostname yakni nama komputer yang digunakan, terlihat ada n/a disana entah mengapa mungkin komputer dengan IP tersebut dipasang firewall pihak ketiga semacam zone alarm atau comodo sehingga tidak bisa di resolve Hostname nya. Untuk Port kosong karena secara default software ini tidak menscan port.

Untuk menscan port, saran saya sebaiknya anda belajar terlebih dahulu mengenai vulnerability atau kelemahan dari port (anda bisa bertanya di google atau orang lain mengenai ini). Setelah anda tahu tinggal lihat settingannya yakni buka Tools > Preference > Port dan nanti akan terlihat seperti gambar berikut.



Anda tinggal memasukkan pot yang anda inginkan untuk discan. Sebenarnya banyak juga software yang bisa menscan kelemahan atau port yang terbuka pada komputer target, namun kelebihan dari software ini yakni kemampuannya untuk menscan IP secara massal dalam waktu yang cepat.

Tidak hanya pada jaringan LAN, namun pada web pun bisa dilakukan (Anda bisa langsung mencoba atau mencari tutorialnya di situs lain). Just download and try it.
-haz-

3 Responses to “Angry IP Scanner - Scan IP secara massal dan cepat”

  1. kwkwkwk...blog nya makin cantik adja...
    kayak orang nya....

  1. ah bisa aja.. hehehe..

  1. Anonim says:

    mau tanya donk..
    kl misalkan kita inet via wireless mobil brotbed
    bagaimana caranya optimalin sopwer ini..
    thanks :)