picture picture picture
Selasa, 08 Desember 2009 Posted in: , 2 Responds

Flashdisk Lock - Amankan data flashdisk anda




Setelah vakum kurang lebih hampir seminggu akhirnya saya mulai untuk membuat artikel kembali. Jika sebelumnya saya membuat artikel mengenai software untuk mengambil data flashdisk diam-diam, disini saya mau membuat artikel pencegahannya. Mungkin anda pernah kenal dengan software ini sebelumnya. Saya sendiri pun kenal walau tidak begitu dekat dengan pembuatnya yakni bro welly yang sampai saat artikel ini ditulis, beliau sedang dalam terapi untuk penyembuhannya karena kecelakaan (mari doakan semoga beliau cepat sembuh).

Nama : Flashdisk Lock 1.6
Site : wellygitu.blogspot.com

Untuk download silahkan langsung di blognya bro welly. Di versi sebelumnya yang 1.5 software ini sudah include PCMAV di dalamnya, cuma saya memberi saran ke bro welly untuk memindahkan, namun ada fitur untuk menambahkan software portable yang kita punya. Akhirnya dibuatlah versi 1.6 ini. Daripada saya menjelaskan terlalu panjang anda bisa lihat artikel langsung dari bro Welly DISINI.

Jika sebelumnya hanya mendukung flashdisk berformat FAT32 tapi disini sudah mendukung untuk format FAT dan FAT32 dan cukup banyak perbedaan dari versi sebelumnya.

Langsung dibahas aja. Berikut tampilan ketika anda menjalankan software ini.



Setelah saya tekan OK akan tampil seperti ini



Masukkan password yang diinginkan, sebagai contoh saya memasukkan "kosong"

Setelah anda menekan tombol OK akan tampil notifikasi seperti ini



Setelah itu akan tampil seperti ini



Masukkan password yang tadi sudah di set, lalu klik kunci

Berikut perbedaan dari flashdisk yang sebelum di kunci dan setelah dikunci

SEBELUM




SESUDAH



Setelah flashdisk di kunci maka akan jadi seperti ini




Mari kita coba untuk menu pilihan lain. Nanti akan tampil seperti ini



Pada menu pilih Folder disini apakah anda ingin mengeluarkan atau menambahkan folder yang dikunci atau tidak

Ganti Password sepertinya tidak perlu dijelaskan. hohohoho...

Buat Gambar Latar yakni membuat flashdisk anda memiliki background yang anda inginkan

Aplikasi anda yakni menambahkan aplikasi portable yang anda inginkan

Mengenai tentang software ini dan pembuatnya


Saya mencoba menggunakan aplikasi rampok untuk membajak data di flashdisk ini ketika flashdisk dalam keadaan terkunci. Ternyata datanya memang benar-benar aman. Berikut screen shootnya

Data pada flashdisk




Data hasil rampok




Ternyata software ini cukup ampuh untuk melindungi data anda dari pembajakan. Tapi ada beberapa bug yang saya temukan, yakni ketika mencoba mengganti gambar latar (saya mencoba pada OS Windows XP SP 3 Final) ternyata tidak bisa dan ada warning seperti ini



padahal ketika saya mencoba pada Windows XP SP 2 itu fine fine aja, dan sayapun tidak tahu bagaimana jika file flashdisk lock yang ada di flashdisk (berekstensi *.exe) ini terinfeksi oleh virus semacam sality (yang menginfeksi file *.exe) karena komputer disini bebas virus. hohoho....

Dan belum sempat juga dibuka pada Linux dan distro-distro nya. Mungkin jika ada yang ingin menambahkan kelebihan dan kelemahan silahkan di komentari saja.

-haz-

2 Responses to “Flashdisk Lock - Amankan data flashdisk anda”

  1. newbie says:

    1.comdlg.ocx nya yang di pc sp3 mungkin ngga compatible, coba cari di google yang latest version, btw saya pake lapie xp home sp3 bisa.
    2.Flash Disk Lock.exe masih bisa terinfeksi virus yang menginfeksi file exe, seperti sality dan kawan-kawan. Mudah2an nanti bisa dikembangkan lagi, krn saya terima beberapa email masukan dari user untuk versi selanjutnya.
    Btw Makasih bro reviewnya...

  1. thanks bro welly atas feedbacknya... Insya Allah nanti klo sudah ada ide langsung di kabari... btw makasih udah berkunjung... :D